764>>>

Berita

MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH SMK PGRI 2 KEDIRI 2020 – 2021 BACK TO SCHOOL

 

Halo Sobat Grida di mana pun kalian berada. Kali ini kami ingin menyapa para Sobat Grida dengan pilihan informasi yang pasti menarik untuk kalian simak lho. Yups, informasi kali ini datang dari kegiatan MPLS SMK PGRI 2 Kediri yang berlangsung selama tiga hari berturut-turut, yaitu dimulai dari hari Senin, 13 Juli 2020 dan berakhir pada hari Jumat, 17 Juli 2020.

Seperti yang sudah Sobat Grida ketahui, kegiatan MPLS tahun ini sangat berbeda dengan kegiatan MPLS pada tahun-tahun sebelumnya akibat pandemi Covid-19 yang belum mereda hingga saat ini. Dan di kegiatan MPLS hari pertama, di pagi yang cerah tanggal 13 Juli 2020 terlihat satu per satu Bapak Ibu mulai berdatangan ke sekolah. Tidak tertinggal pula, tim gugus Covid-19 pun juga telah bersiap dengan menggunakan APD berupa masker dan faceshield beserta thermo-gun untuk memastikan bahwa seluruh pengunjung sekolah dalam keadaan sehat dan aman untuk melakukan kegiatan MPLS pada hari itu. Tampak seluruh warga Grida penuh antusias menyambut tahun ajaran baru 2020-2021 meskipun seluruh kegiatan belajar mengajar nantinya akan dilakukan secara daring, termasuk kegiatan MPLS.

Secara bersamaan, SMK PGRI 2 Kediri juga ditunjuk mengikuti pembukaan MPLS Provinsi Jawa Timur melalui aplikasi Zoom yang dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Ibu Khofifah Indar  Parawansa. Pembukkan MPLS daring di SMK PGRI 2 Kediri sendiri diikuti oleh 20 peserta yang terdiri atas perwakilan 10 guru dan 10 siswa dan tetunya dengan tetap memberlakukan prosedur protokol kesehatan dengan cara memakai maker, cuci tangan, dan menerapkan jaga jarak minimal. Sobat Grida, kita berbangga karena sekolah kita dapat ikut berpartisipasi dalam pembukaan MPLS di tingkat Provinsi, mengingat bahwa tidak semua sekolah ditunjuk untuk mengikuti kegitan tersebut.

Panitia MPLS SMK PGRI 2 Kediri menjalankan seluruh kegiatan MPLS dengan memanfaatkan Google Classroom yang dikoordinasi secara sistematis di ruangan khusus yang menunjang seluruh kelancaran kegiatan MPLS dari awal hingga akhir.  Seluruh siswa baru diwajibkan untuk tertib mengikuti kegiatan MPLS dengan memasuki link yang telah disiapkan oleh panitia. Jumlah siswa baru tahun pelajaran 2020-2021 sebanyak 540 siswa dan hal itu patut kita syukuri bersama karena jumlah tersebut mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Tidak hanya itu saja, SMK PGRI 2 Kediri juga melakukan random controlling dengan video conference untuk memastikan bahwa seluruh peserta MPLS  benar-benar memperhatikan dan mengikuti MPLS.

Materi MPLS yang diberikan kepada peserta MPLS berupa Materi Wawasan Wiyata Mandala, learning motivation,tata krama, dll. yang dapat dijadikan oleh bekal siswa baru untuk bisa sukses dalam mengenyam pendidikan selama tiga tahun di SMK Grida tercinta. Peserta MPLS antusias dan ceria dalam mengikuti rangkaian MPLS dan hal ini bisa dibuktikan dengan tingkat kehadiran hampir 100% walaupun dengan menggunakan aplikasi online. MPLS ditutup pada hari Jumat, 17 Juli 2020 oleh Kepala Sekolah SMK PGRI 2 Kediri, Drs. H. Harun, MM. Dalam penutupan tersebut, Bapak H. Harun juga berkesempatan menyapa dan  mendengarkan testimoni dari beberapa peserta didik baru melalui video record atau live conference. Mereka begitu antusias untuk bisa belajar dan mengembangkan potensi serta merasa bersyukur bisa diterima menjadi siswa SMK PGRI 2. Mereka berpendapat bahwa SMK PGRI 2 Kediri adalah sekolah yang sangat berkualitas. Salah satu siswa baru, Umar Hamzah, yang melakukan daftar ulang dari Palu, Sulawesi Tengah, mengungkapkan bahwa ia banyak mengetahui SMK PGRI 2 Kediri dari media sosial. Dia selalu mengikuti perkembangan informasi sekolah,prestasi, dan fasilitas sekolah dari media sosial miliknya hingga pada akhirnya dia menyimpulkan SMK GRIDA memang luar biasa. Setelah dia melihat kondisi sekolah secara langsung dengan bimbingan dari kakak organisasi LO (liaison officer), dia membuktikan bahwa kondisi sekolah yang bersih, asri, fasilitas lengkap, serta segenap civitas akademika SMK PGRI 2 Kediri memang benar bagus adanya. MPLS kali ini bisa ditutup dengan menghadirkan ikatan emosi yang baik antara sisw baru dan Bapak Ibu guru panitia dan pemandu materi walaupun dilakukan secara daring. Emotional relationship tetap dapat tercipta walau jarak memisahkan. Nah Sobat Grida, semoga pandemi Covid-19 segera berlalu ya agar kita semua dapat beraktivitas bersama-sama di sekolahkita tercinta seperti semula. Namun kita juga tetap harus semangat karena Covid-19 telah mengajarkan kita banyak hal. Sampai jumpa di informasi menarik di kesempatan berikutnya.

SMK BISA..!!!

GRIDA JAYA… JAYA… LUAR BIASA…!!!

Leave a comment